Kualitas Pelayanan Nasabah dan Dampaknya terhadap Kepuasan Nasabah pada Baitul Qiradh Amanah Nanggroe, Banda Aceh
Abstract
This study discusses the effect of user service quality on service user satisfaction on Baitul Qiradh Amanah Nanggroe, Banda Aceh. User service quality as an independent variable, has a connection to service product user satisfaction as the dependent variable. The population of respondents in this study was 1354 people, while the sample used was 93 people. Data analysis equipment used is simple linear regression. This study aims to find out how the satisfaction of user service products is influenced by the quality of services used by users or clients. This research is descriptive using quantitative methods. The results of this study indicate the quality of service influences singfikan to butterfly service users at Baitul Qiradh Amanah Naggroe in Banda Aceh.
Downloads
References
Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif : komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Pebernit Kencana Media.
Dwijati, S. (2006). Upaya peningkatan kualitas jasa layanan informasi produk jasa. Bulletin Produk Jasa Universita Airlangga, 58-62.
Fornell, C., Johnson, M.D., Anderson, E.W., Cha, J., & Bryant, B.E. (1996). The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings. Journal of Marketing, 60,(4):07-18.
Gujarati. (2006). Ekonomitrika dasar. Alih Bahasa: Sumarno Zain. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Gronroos, C. (1990). Service management and marketing. Lexington, MA: Lexington Books.
Service Management and Marketing , Lexington Books, Lexington, MA.
Hadi, S. (1992). Metodologi research (Jilid 2). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Harris. E. K. (2003). Costumer service : A practical approach., New Jersey: Pearson Education Inc.
Jasfar, F. (2005). Manajemen jasa: Pendekatan terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Nasution, M. N. (2004). Manajemen jasa terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry. L.L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. The Journal of Marketing, 49(4): 41-50.
Ridwan, S. (2004). Pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran produk jasa : Energi Pembangunan Bangsa.
Soepranto., J. 2006. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Soetimah. (1992). Produk jasa kelayanan-jasaan dan produk jasa. Yogyakarta: Kanisius.
Sulaiman, W. (2004). Analisis regresi menggunakan SPSS: Contoh Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2005). Total quality manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Umar, H. (2003). Metodelogi Penelitian, Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zeithaml, V.A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3). 2-22 .
SI-MEN menggunakan lisensi Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) . atau lisensi yang setara sebagai izin optimal untuk publikasi, pendistribusian, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menulis, memperbaiki, dan membuat kreasi turunan bahkan untuk tujuan komersial, selama kredit yang sesuai dan pengakuan yang tepat terhadap publikasi asli dari Jurnal Ilmiah dibuat untuk memungkinkan pengguna menelusuri kembali ke naskah dan penulis asli.
Pembaca juga diberikan akses penuh untuk membaca dan mengunduh naskah yang diterbitkan, mencetak ulang dan mendistribusikan naskah dalam media atau format apa pun.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .