Pengaruh Orientasi Kewira usahaan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha : Studi pada Warung Makan dan Minum di Kecamatan Peureulak
Abstract
Bisnis makan dan minum layak terus dikembangkan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan hal ini akan berdampak pada permintaan akan makan dan minum. Adanya pangsa pasar untuk bisnis makan dan minum ini memberikan kesempatan bagi wirausaha untuk menjalankan usaha ini mulai dari mikro, kecil dan menengah sampai besar. Pada penelitian ini dilakukan dengan mengkaji kinerja usaha warung makan dan minum di Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur yang dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaan dan pemasaran. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 79 responden yang merupakan pemilik usaha warung makan dan minum di Peureulak. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji persamaan regresi linier, uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian diperoleh bahwa orientasi kewirausahaan dan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha warung makan dan minum di Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.
Downloads
References
56-75
BPS Aceh Timur. (2019). Peureulak dalam Angka 2019, Idi: BPS Aceh Timur.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial.
Frishammar, J., & Horte, S.A. (2007). The Role of Market Orientation and Enterpreneurial
Orientation for New Product Development Performance in Manufacturing Firms. Technolgy
Analysis & Strategic Management.
Hendro & Chandra. (2010). Be a smart and good entrepreneur. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Layoo, N. & Rahman, W. (2019). Penganruh Orientasi Kewirausahaan Dengan Kinerja Usaha Mikro
dan Kecil di Kabupaten Banggai. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 7 (1), 29-
44.
Prakosa. (2005). Orientasi kewirausahaan. Jakarta: Media Presindo.
Sinarasri, A. (2008). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi dalam
Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Seminar Nasional. ISBN: 978-979-98438-8-2.
Situmorang, S.H. & Ginting, P. (2014). Filsafat ilmu dan metode riset. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Supomo & Indrianto, N. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Aditiya Media.
Swastha, B.. (2009). Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.
Zulkarnain, M., & Mukarramah, M. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar
Terhadap Kinerja UMKM Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan
Manajemen Bisnis, 7(2), 192-200.