Perilaku Switching Behavior Pengguna Electronic Commerce (e-Ceommerce) di Kota Langsa dengan Model Migrasi Konsumen Push, Pull Mooring
Abstract
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah membawa dampaknya bagi pengguna internet di Kota Langsa dalam memenuhi kebutuhan aktivitas jual beli secara online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dari Push, Pull dan Mooring terhadap Switching behavior pengguna e-commerce diKota Langsa.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang tinggal di Kota Langsa yang mengguna layanan e-commerce. Penelitian ini menggunakan teknik sampling convienience sampling dan sampel penelitian adalah 100 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Push, Pull dan Mooring berpengaruh signifikan terhadap Switching Intention. Switching intention berpengaruh signifikan terhadap switching behavior. Push,Pull dan mooring berpengaruh signifikan terhadap switching behavior. Tetapi mooring effect tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi push dan pull effect dengan switching intention.
Downloads
References
Bansal, H. S., James, Y. S., & Taylor, S. F. (2005). Migrating to New Service Provider: Toward a Unifying
framework of Consumers Switching Behaviors. Journal of the Academy of Marketing Science, 33(1), 96–115. https://doi.org/10.1177/0092070304267928
Chang, H. H., Wong, K. H., & Li, S. Y. (2017). Applying push-pull-mooring to investigate channel switching behaviors: M-shopping self-efficacy and switching costs as moderators. Electronic Commerce Research and Applications. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.06.002
databoks.katadata.co.id. (2019). Ini e-Commerce Indonesia Paling Diminati pada Triwulan IV 2018 | Databoks.
Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/31/ini-e-commerce-indonesia-paling- diminati-pada-triwulan-iv-2018
Fahmi, S. (2018). Analisis Perkembangan Riset Pemasaran Tentang Perilaku Konsumen Dalam Melakukan
Perpindahan Layanan (Consumer Switching Behavior), Menggunakan Studi Literatur. INOBIS: Jurnal Inovasi
Bisnis Dan Manajemen Indonesia. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i1.14
Ferdinand, P. D. A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitianuntuk Skripsi, Tesis dan Disertasi
Ilmu Manajemen. In BP Undip 2. https://doi.org/10.4304/jcp.8.2.326-333
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Jezy, B., & Papalapu, N. (2015). the Impact of Push, Pull, and Mooring To Customer Switching Behavior (Case
Study on Customer Indovision in Manado) Pengaruh Push, Pull, Dan Mooring Terhadap Perilaku Beralih
Konsumen (Study Kasus Pada Konsumen Indovision Manado). 15(04), 458–469.
Jung, J., Han, H., & Oh, M. (2017). Travelers’ switching behavior in the airline industry from the perspective of the
push-pull-mooring framework. Tourism Management. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.07.018
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson Eduction
Limited.
Listyarini, O., Haryanto, J. O., & Siahaan, B. C. (2009). The Adoption Of Push Pull and Mooring Model For Small Industry in Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XV(1). Retrieved from http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/413/2/ART_Ollivia Listyarini_Ihe Adoption of Push-pull_Full text.pdf
Nadia, M. (2012). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching Konsumen Jasa Operator Telekomunikasi (Universitas Indonesia). Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20298620-T29957- Meilida Nadia.pdf
Nurfadilah, P. syifa. (2018). McKinsey: Tahun 2022, Pasar E-Commerce Indonesia Capai Rp 955 Triliun. Retrieved from https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/093900726/mckinsey--tahun-2022-pasar-e-commerce- indonesia-capai-rp-955-triliun
Spacey, J. (2017). 9 Types of Brand Switching - Simplicable. Retrieved from https://simplicable.com/new/brand- switching
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.
https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia | Databoks.
Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan- pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia
www.maxmanroe.com. (n.d.). Pengertian E-Commerce Adalah, Komponen, Jenis, Manfaat E-Commerce. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-e-commerce.html
www.tribunnews.com. (2018). Ini Lima e-Commerce yang Paling Banyak Dikunjungi - Tribunnews.com. Retrieved from http://www.tribunnews.com/techno/2018/11/27/ini-lima-e-commerce-yang-paling-banyak-dikunjungi
SI-MEN menggunakan lisensi Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) . atau lisensi yang setara sebagai izin optimal untuk publikasi, pendistribusian, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menulis, memperbaiki, dan membuat kreasi turunan bahkan untuk tujuan komersial, selama kredit yang sesuai dan pengakuan yang tepat terhadap publikasi asli dari Jurnal Ilmiah dibuat untuk memungkinkan pengguna menelusuri kembali ke naskah dan penulis asli.
Pembaca juga diberikan akses penuh untuk membaca dan mengunduh naskah yang diterbitkan, mencetak ulang dan mendistribusikan naskah dalam media atau format apa pun.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .