PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN SUBULUSSALAM
Abstract
The purpose of study was to determine the quality of service and product quality simultaneously on consumer satisfaction at Subulussalam Restaurant, with a total sample of 100 people. Respondents were successfully collected and analyzed by using multiple linear regression method through SPSS (Statistical Package for Social Sciences).
The results showed that service quality partially had a significant effect on consumer satisfaction at Subulussalam Restaurant t-count value was greater than t-table, t-count (4.210) > t-table (1.984). Product quality partially has a significant effect on consumer satisfaction at Subulussalam Restaurant t-count value is greater than t-table, t-count (5,129) > t-table (1,984). Service quality, product quality simultaneously affects consumer satisfaction at Subulussalam Restaurant F-count value is greater than F table, F-count (7.118) > t-table (3.09)
Downloads
References
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi 10. Bandung: Alfabeta
Aryadi, D, F. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Brawijaya Malang. Skripsi
Erlianingsih, S. (2014). Strategi Pemasaran Restoran Pondok Makan Mirah Jakarta Selatan. Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor
Hardiansyah. (2011) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Usaha Isi Ulang Air Minum UD.Elangku di Desa Bangunrejo Tenggarong Seberang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman, 6, (3), 1011-1022.
Haryanto, H. A., 2013, Strategi promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manado.
Kotler. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Priyanto, A.C. (2018) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Usaha Isi Ulang Air Minum UD.Elangku di Desa Bangunrejo Tenggarong Seberang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman, 6, (3), 1011-1022.
Putri, M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Provita Bandar Lampung.Jurnal Edukasi Ekobis. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Skripsi
Rosa Lemana. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Volume 2. No 2. Hal 115-129.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Golden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi
Sunyoto. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service
Tjiptono, F dan Chandra. 2011. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Wijaya. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Distribusi Air Bersih terhadap Kepuasan Konsumen PDAM Tirta Kencana di Jalan Merdeka Barat Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. 3, (4), 1103-1114
SI-MEN menggunakan lisensi Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) . atau lisensi yang setara sebagai izin optimal untuk publikasi, pendistribusian, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menulis, memperbaiki, dan membuat kreasi turunan bahkan untuk tujuan komersial, selama kredit yang sesuai dan pengakuan yang tepat terhadap publikasi asli dari Jurnal Ilmiah dibuat untuk memungkinkan pengguna menelusuri kembali ke naskah dan penulis asli.
Pembaca juga diberikan akses penuh untuk membaca dan mengunduh naskah yang diterbitkan, mencetak ulang dan mendistribusikan naskah dalam media atau format apa pun.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .