PENGARUH HARGA DAN PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI LAIN HATI BANDA ACEH
Abstract
Abstract
The aim of this research is to determine the influence of prices and promotions through social media on consumer purchasing decisions for coffee Lain Hati Banda Aceh, both partially and simultaneously. The total sample for this research was 99 respondents. Research data was collected through questionnaires distributed to respondents. Research data was analyzed using a multiple linear regression model. Hypothesis testing uses F test analysis and t test to determine the influence of the independent variable on the dependent variable simultaneously and partially at a confidence level of 95% (α = 0.05). The results of research based on simultaneous tests show that the variables Price and Promotion via Social media have a significant effect on Consumer Purchase Decisions of Banda Aceh's Lain Hati Coffee. The partial test also shows that the Price variable has a significant effect on the Purchase Decision of the Banda Aceh Other Hati Coffee Consumers and the Promotion variable through Social Media has a significant effect on the Purchase Decision of the Banda Aceh Other Hati Coffee Consumers.
Keywords: Price, Promotion via Social Media and Purchasing Decisions.
Downloads
References
Abdullah, Vicky R. (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia.
Alfabeta.
Alma, B. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alphab
Ardhi, Y. (2018). Merancang Promosi Media Digital Unik dan Menarik, Penerbit TAKA Publisher.Yogyakarta.
Belch, George E. dan Belch, Michael A. (2018). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Budimansyah, B. (2019). Pengaruh Cita Rasa, dan Promosi melalui Media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa Bekasi Timur. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Pelita Bangsa Bekasi.
Fristina, Dessy A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Swalayan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analis Manajemen dengan Program SPSS 19. Semarang: BP Universitas Dipenogoro
Katz, Gurevitch, dan Haas. tipe kebutuhan menurut teori Uses & Gratification. dalam (jurnal Kiranasari,2013:16)
Kotler & Keller, (2012). Marketing Management 14th, Person Education.
Kotler dan Armstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 14th Edition. New Jersey: Pearson Edition.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management.
Nigrum, Anggun S. dan Suryoko, S. (2018). Pengaruh Harga, Produk, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian di Peacoc Coffie, semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , vol. 8, tidak. 1, hlm. 164-173
Priyanto. (2017). Panduan Lengkap SPSS Versi 20.0 Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
Putri, Citra S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 1, No 5.
Rangkuti, Freddy, (2019). Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Rahmah, Aurilia M. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Harga terhadap keputusan pembelian Yotta di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Perdagangan Internasional, Sekolah Tinggi Ilmu Ekomomi Nobel Indonesia Makassar.
Ridwan dan Kuncoro, Engkos A. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta. Bandung.
Sekaran. U. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: salemba Empat.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan P&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Yogi Setiawan. (2018).Pengaruh Harga, Poduk, Lokasi, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berkunjung Pada Cafe Taman Selfie di Kota Binjai. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1
Yulianti,Y. dan Yosini. D. (2018). Gaya Hidup Kaitannya Dengan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP Vol. 17 No. 1. Hal: 39 – 50. ISSN: 1412-8837/e-ISSN : 2579-9959.
Zulaicha, S. dan Irawati, R. (2016) . Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Desember, hlm. 123-136. ISSN 2338-4840.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SI-MEN menggunakan lisensi Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) . atau lisensi yang setara sebagai izin optimal untuk publikasi, pendistribusian, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menulis, memperbaiki, dan membuat kreasi turunan bahkan untuk tujuan komersial, selama kredit yang sesuai dan pengakuan yang tepat terhadap publikasi asli dari Jurnal Ilmiah dibuat untuk memungkinkan pengguna menelusuri kembali ke naskah dan penulis asli.
Pembaca juga diberikan akses penuh untuk membaca dan mengunduh naskah yang diterbitkan, mencetak ulang dan mendistribusikan naskah dalam media atau format apa pun.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .