PERSEPSI PEGAWAI TENTANG GAJI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PADA DINAS BINA MARGA ACEH

  • Saluddin Al Cassany STIES Banda Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pegawai tentang gaji dan insentif terhadap kinerja pada Dinas Bina Marga Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Bina Marga Aceh. Responden yang diteliti adalah sebanyak 189 pegawai pada Dinas Bina Marga Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuisioner, dokumentasi dan wawancara.


            Dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda (Multiple Linear Regression) dan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan metode cluster sampling, dimana seluruhnya diambil acak dari beberapa populasi yang dijadikan sampel.


            Dari hasil penelitian dan pengumpulan kuesioner dilapangan menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara gaji dan insentif terhadap kinerja Dinas Bina Marga Aceh. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F (secara simultan) diperoleh F-hitung sebesar 24.173, sedangkan F-tabel pada tingkat signifikansi α = 5% adalah sebesar 3.087. hal ini memperlihatkan bahwa F-hitung > F-tabel, dengan tingkat signifikansi 0.000.


            Hasil perhitungan ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa menerima hipotesis alternatif dan menolak hipotesis nol, artinya bahwa variabel gaji (X1) dan insentif (X2), secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pada Dinas Bina Marga Aceh. Artinya secara keseluruhan responden menyatakan setuju terhadap indikator yang diteliti, dengan demikian variabel yang diteliti mempunyai pengaruh secara signifikan dalam mempengaruhi kinerja pada Dinas Bina Marga Aceh. Sedangkan secara parsial dari dua variabel yang diteliti, ternyata variabel gaji (X1) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pada Dinas Bina Marga Aceh, karena diperoleh nilai koefisien regresi lebih besar dibandingkan dengan variabel insentif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathoni Abdurrahmat, (2006), Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gouzali Saydam, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, suatu pendekatan mikro, Jakarta : Djambatan.

Hasibuan, SP Malayu, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia Ed.3, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, Prabu Anwar A.A, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Malhotra, Naaresh K, (2005), Marketing Research : New York, Mc. Graw Hill Book Company.

Pabundu, Muhammad, (2006), Metodologi Riset Bisnis, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Prawirosentono Suyadi, (2004), Kebijakan Kinerja Karyawan ed. 4, Yogyakarta : BPFE UGM.

Rivai, Veithzal, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia : Dari Teori Ke Praktik, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2015-07-01
How to Cite
CASSANY, Saluddin Al. PERSEPSI PEGAWAI TENTANG GAJI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PADA DINAS BINA MARGA ACEH. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 73-88, july 2015. ISSN 2598-3008. Available at: <https://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/34>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles