PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK ACEH

  • Erwinsyah Putra Politeknik Aceh
  • Mukhlis Yunus Politeknik Aceh
  • Sulaiman Sulaiman Politeknik Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan mahasiswa memilih kuliah di Politeknik Aceh. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik, proses, dan kepercayaan merek untuk menganalisis pengaruh keputusan mahasiswa memilih kuliah di Politeknik Aceh. Dalam penelitian ini juga menggunakan variabel kepercayaan merek sebagai variabel mediating. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa politeknik aceh tahun ajaran 2010/2011, 2011/2012 dan 2012/2013 yang berjumlah 519 orang. Namun sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari populasi yaitu 104 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan model analisis regresi linear berganda yang diolah melalui program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek. Selanjutnya, hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel bauran pemasaran jasa dan kepercayaan merek berpengaruh secara terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Politeknik Aceh. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung variabel bauran pemasaran jasa secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepercayaan merek. Implikasi dari penelitian ini, Politeknik Aceh sebagai salah satu perguruan tinggi kejuruan yang ingin meningkatkan jumlah mahasiswa sangat perlu membangun kepercayaan merek melalui peningkatan aktifitas bauran pemasaran jasa supaya berdampak pada keputusan mahasiswa memilih kuliah di Politeknik Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: A.B. Susanto, Jilid 1dan 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ballester, Elena Delgado and Jose Luis Munuera-Aleman. 2003. European Journal of Marketing.

Ferrinadewi, Erna. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan,Volume 7, Nomor 2, September 2005: 139- 151

Lau, Geok Then and Sook Han Lee, 1999, Customer’s Trust in a Brand and the Link to Loyalty, Journal of Market Focussed Management, 4.

Ratih Hurriyati, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen; Bandung, ALFABETA

Elisabet Koes Soedijati, 2008, ”Penerapan Konsep 7P Sebagai Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi”, dalam Buchari Alma dan Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate dan Stategi Prima, Bandung: Alfabeta. Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka. Cipta. Jakarta

Baron, R. M., dan Kenny, D. A. 1986. The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 6, hal. 1173-1182.

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair at al,. 2006. Multivariate Data Analysis. Sixth Edition. New Jersey : Pearson Education
Published
2015-12-28
How to Cite
PUTRA, Erwinsyah; YUNUS, Mukhlis; SULAIMAN, Sulaiman. PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK ACEH. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 87-97, dec. 2015. ISSN 2598-3008. Available at: <https://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/43>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles