Improving the Speaking Skill of English Department Students through Communicative Approach

  • Razali Abdullah Teacher Training and Education Faculty, University of Serambi Mekkah

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh setiap penutur dalam berbahasa Inggris. Kemampuan interaksi sosial (soft skills) ternyata lebih penting dari semua factor untuk menentukan keberhasilan seseorang di dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1)apakah penggunaan model pendekatan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiwa bahasa Inggris. 2)apakah ada perbedaan yang significan model pembelajaran komunikasi dengan tradisional. Data penelitian ini diperoleh dari 60 orang sampel kelas intermediate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tesmelalui pretest dan posttest.Semua data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan model komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil t-test dan posttest kedua kelompok menunjukkan hasil t-test (7.15) lebih besar dari t-tabel (1.67). Dengan demikian penggunaan model pendekatan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara (Nickolson, 2015). Berdasasrkan hasil penelitian, disarankan agar setiap penutur menggunakan teknik pendekatan komunikasi yang lebih aktif dan kreatif dalam mengekspresikan ide-ide mereka sehingga lebih percaya diri dalam berkomunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, E., 2015. Classroom Interaction. London: Prentice Hall International, Ltd.

Nickolson, P., 2015. Teaching Language in Context Proficiency Oriented International. Boston: Heinle&Heinle Publisher, Inc

Nunan, D., 1991. Language Teaching Methodology. A textbook for the teacher. London: Prentice Hall International, Ltd.

River, W., 1981. Teaching Foreign Language Skill. Second Edition. Chicago: the University Press.

Richard, J. 1993. Approach Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University, Press.

Taylor, E., 2000. UsingCommunicative Approach in the Classroom. New York: Cambridge University, Press.

Underhill, N., 1987. Testing Spoken Language. A Handbook of Oral Testing Technique. London: Cambridge University, Press.

William, W.,1995. Research Methodology in Education. An Introduction in the field. Boston: Allyn & Bacon, Press.
Published
2015-12-28
How to Cite
ABDULLAH, Razali. Improving the Speaking Skill of English Department Students through Communicative Approach. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 125-137, dec. 2015. ISSN 2598-3008. Available at: <https://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/46>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles