Improving the Speaking Skill of English Department Students through Communicative Approach
Abstract
Keterampilan berbicara adalah salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh setiap penutur dalam berbahasa Inggris. Kemampuan interaksi sosial (soft skills) ternyata lebih penting dari semua factor untuk menentukan keberhasilan seseorang di dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1)apakah penggunaan model pendekatan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiwa bahasa Inggris. 2)apakah ada perbedaan yang significan model pembelajaran komunikasi dengan tradisional. Data penelitian ini diperoleh dari 60 orang sampel kelas intermediate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tesmelalui pretest dan posttest.Semua data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan model komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil t-test dan posttest kedua kelompok menunjukkan hasil t-test (7.15) lebih besar dari t-tabel (1.67). Dengan demikian penggunaan model pendekatan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara (Nickolson, 2015). Berdasasrkan hasil penelitian, disarankan agar setiap penutur menggunakan teknik pendekatan komunikasi yang lebih aktif dan kreatif dalam mengekspresikan ide-ide mereka sehingga lebih percaya diri dalam berkomunikasi.
Downloads
References
Nickolson, P., 2015. Teaching Language in Context Proficiency Oriented International. Boston: Heinle&Heinle Publisher, Inc
Nunan, D., 1991. Language Teaching Methodology. A textbook for the teacher. London: Prentice Hall International, Ltd.
River, W., 1981. Teaching Foreign Language Skill. Second Edition. Chicago: the University Press.
Richard, J. 1993. Approach Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University, Press.
Taylor, E., 2000. UsingCommunicative Approach in the Classroom. New York: Cambridge University, Press.
Underhill, N., 1987. Testing Spoken Language. A Handbook of Oral Testing Technique. London: Cambridge University, Press.
William, W.,1995. Research Methodology in Education. An Introduction in the field. Boston: Allyn & Bacon, Press.
SI-MEN menggunakan lisensi Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) . atau lisensi yang setara sebagai izin optimal untuk publikasi, pendistribusian, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menulis, memperbaiki, dan membuat kreasi turunan bahkan untuk tujuan komersial, selama kredit yang sesuai dan pengakuan yang tepat terhadap publikasi asli dari Jurnal Ilmiah dibuat untuk memungkinkan pengguna menelusuri kembali ke naskah dan penulis asli.
Pembaca juga diberikan akses penuh untuk membaca dan mengunduh naskah yang diterbitkan, mencetak ulang dan mendistribusikan naskah dalam media atau format apa pun.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .