Determinan Marketing Mix Syariah terhadap Peningkatan Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

  • Eliana Eliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Ayumiati Ayumiati FEBI, UIN Ar-Raniry
  • Nurhayati Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menguji pengaruh pembiayaan murabahah dan musyarakah secara bersama-sama terhadap profitabilitas pada BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh (2) menguji pengaruh pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas pada BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. dan (3) menguji pengaruh pembiayaan musyarakah terhadap profitabilitas pada BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh dan data yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan (per Desember) selama tahun 2013-2017 berturut-turut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembiayaan murabahah dan musyarakah berpengaruh secara bersama-sama terhadap profitabilitas BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. (2) pembiayaan murabahah berpengaruh positif terhadap profitabilitas BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh dan (3) pembiayaan musyarakah berpengaruh positif terhadap profitabilitas BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-11
How to Cite
ELIANA, Eliana; AYUMIATI, Ayumiati; NURHAYATI, Nurhayati. Determinan Marketing Mix Syariah terhadap Peningkatan Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 31-40, apr. 2020. ISSN 2598-3008. Available at: <https://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/172>. Date accessed: 17 apr. 2025.

Most read articles by the same author(s)