Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Membeli E-Tiket Kapal Cepat di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh

  • Yusni Hervy Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Zenitha Maulida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Al Munawar Al Munawar Dinas Perhubungan Aceh

Abstract

Minat konsumen untuk memiliki dan membeli produk dipengaruhi oleh dorongan dari dalam diri konsumen untuk memiliki dan membeli produk. Dorongan dari dalam diri konsumen untuk memiliki produk merupakan respon terhadap rangsangan (stimuli) baik dari luar ataupun dari dalam diri konsumen. Konsumen memiliki minat untuk membeli produk yang diinginkannya. Minat tersebut akan mendorong konsumen untuk melakukan keputusan atas masalah yang dihadapinya. Keputusan tersebut mengenai pilihan konsumen untuk membeli atau tidak produk yang diinginkannya. Potongan harga biasanya dilakukan setelah melihat nilai penjualan bulan sebelumnya dan jumlah stock barang, dari data tersebut maka pihak pelabuhan Ulee-Lheue dapat melihat dimana kurang maksimalnya penjulan yang telah dilakuakan bulan sebelumnya dan barang/produk apa saja yang nilai penjualanannya cukup rendah. Potongan Harga tersebut merupakan strategi yang dilakukan oleh Pelabuhan Ulee-Lheue untuk mempertahankan pelayanannya karena dengan adanya potongan harga keputusan konsumen untuk membeli menjadi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh potongan harga terhadap Minat beli konsumen dalam membeli tiket melalui E-tiket kapal cepat pada Pelabuhan Ulee-Lheue Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dalam membeli e- tiket kapal cepat pada Pelabuhan Ulee-Lheue Kota Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assagaf. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Serta Trust Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Nasabah Asuransi Manulife di Jawa Tengah). Skripsi Belch, G.E. dan Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw Hill.
SIMEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES ISSN Vol. 9 Issue 2 (2018) Online:2598-3008 Hal.11-19 Print:2355-0465

19

Boyd, W. (2010). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (edisi kedua). Jakarta: Erlangga. Durianto, D., Widjaja, A.W., & Supratikno, H. (2013). Inovasi Pasar Iklan dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gitosudarmo, I.(2012). Manajemen Pemasaran (edisi kedua).Penerbit : BPFE – Yogyakarta Herman,et al. (2013). Epidimiology of Stroke in Tilburg. The Netherland American : Heart Association. Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (edisi ke-13) Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (edisi ke-12). Jakarta:Erlangga. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (edisi ke-14) ,Jilid 1. Jakarta:Erlangga. Lubis, A.N dan Martin. (2009). Pengaruh Harga (Price dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1). Ma’ruf. (2010). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka. Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada Sekaran, U. (2011). Research Methods for Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. (2012), Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sumarwan, U. (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor:Ghalia Indah. Sumawarman, U. et al. (2009). Pemasaran Strategic. Jakarta: Inti Prima Promosindo. Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran (edisi ketiga). Yogyakarta: Andi Offset. Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Published
2019-04-22
How to Cite
YUSUF, Yusni Hervy; MAULIDA, Zenitha; AL MUNAWAR, Al Munawar. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Membeli E-Tiket Kapal Cepat di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 9, n. 2, p. http://www.sties-aceh.ac.id/e-jurnal/ind, apr. 2019. ISSN 2598-3008. Available at: <https://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/116>. Date accessed: 04 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)